Selamat Datang

Selamat datang di blog Pasar Domba Garut pusat investasi usaha peternakan domba Garut di Desa Sindangsari Kec. Sukasari Kab. Sumedang Jawa Barat, Contact Person: Agus Sukradita, phone: 085312882277

Menu

Senin, 30 Juli 2012

Sanitasi di peternakan domba

Salah satu program yang sangat penting untuk tetap dipatuhi dipeternakan ialah kegiatan sanitasi. Dengan dilaksanakannya sanitasi secara rutin diharapkan mampu meminimalisir bahkan mencagah wabah berbagai penyakit yang sering mengancam jiwa ternak peliharaan khususnya ternak domba Garut.

a.    Program kebersihan;
  • Kandang harus tetap kering karena kandang yang becek adalah tempat yang sangat dibutuhkan oleh telur dan larva cacing parasit dalam perkembangannya.

TELUR DAN LARVA CACING – VIRUS BOSAN



Tinja dan air kencing merupakan kotoran sehari hari yang paling akrab dengan ternak dan kandang, permasalahan utama selain telur dan larva cacing parasit yang terkandung dalam kotoran ternak ini adalah virus bosan penyebab penyakit malas yang menggerogoti rasa cinta dihati peternak terhadap ternaknya sehingga kesehatan kandang pun terabaikan.

PENGOBATAN VIRUS BOSAN

  1. Kesadaran diri bahwa “dari kandang inilah sumber rezekiku”
  2. Perasaan cinta yang tak pernah padam kepada ternak akan menciptakan semangat untuk tetap mengelola pupuk kandang sebagai bagian dari program kesehatan kandang dan sumber rezeki.
  3. Duit dari pupuk kandang pembasmi virus bosan. Kotoran yang diproduksi ternak adalah produk turunan biasa disebut “Pupuk Kandang” yang semestinya memberi manfaat ganda dari sebuah peternakan, bukannya malah menjadi biang penyakit. Lalu pupuk kandang yang bagaimana yang mendatangkan duit itu? Yang terkenal bebas dari telur dan larva parasit cacing! agar terbebas? Dicintai dulu baru dikelola dengan baik. Caranya? sediakan penampungan khusus kemudian minimal 3 minggu sekali dipindahkan dari kandang sebagai bagian dari program kegiatan kebersihan kandang secara berkala.

  • Perlengkapan Kandang.
Kegiatan membersihkan tempat pakan dan tempat minum dilakukan setiap hari. Tempat pakan dan minum yang dibiarkan kotor cenderung mengundang lalat dan lalat itu penyumbang penyakit mata yang disebabkan oleh parasit cacing mata. Akibatnya pakan dan minuman sehat yang disediakan dengan biaya besar serta menguras tenaga menjadi sia sia hanya karena tempatnya kotor.

  • Lingkungan Kandang
Sebagaimana halnya kondisi dalam kandang yang harus tetap kering, tanah dilingkungan kandang pun sama. Untuk mengetahui kondisi tanah itu kering apa becek tidak perlu harus tergantung kepada musim tetapi juga sampah apapun yang menutupi tanah kudu disapu bersih dan dibakar. Rumput liar juga sampah yang selain mengaburkan penglihatan atas kondisi tanah yang sebenarnya juga tempat nempelnya larva cacing parasit serta tempat bersembunyinya bekicot dan bekicot harus disingkarkan jauh jauh dari lingkungan kandang. Tanah yang bersih dari sampah dan rumput liar akan memudahkan penimbunan tempat tempat becek dengan tanah kering yang steril. yang pada gilirannya akan mencegah perkembangan parasit cacing. idealnya tanah yang sudah kering, bersih dari sampah dan rumput liar disemprot secara keseluruhan dengan obat anti parasit sebagai pencegahan kalau kalau ada larva cacing yang tertinggal.


c. Hewan pencegah parasit yang dikelola dengan baik cukup efektif dalam usaha pencegahan parasit cacing secara biologis seperti:           
         - Itik  Atau Mentok sangat gemar memakan siput air dan bekicot. Kedua hewan ini digembalakan disungai sumber air minum ternak dan sungai pengairan untuk padang rumput budidaya pakan.

         - Cacing tanah terbukti memakan dan membunuh larva cacing parasit atau membawanya kebawah permukaan tanah.

   - Kumbang dimana kotorannya mampu mengurai pupuk kandang sehingga akan menghambat perkembangan larva cacing parasit.

       - Tawon Kecil konon termasuk hewan parasitoid yang menjadi parasit ditubuh serangga dan membunuhnya.

      - Pentungan :D sangat nyata ditakuti anjing liar. Seekor anjing meski diketahui milik Mister Anu tetapi si Mister tidak pernah bertindak sebagai mana mestinya sebagai seorang pemilik tetap saja tergolong anjing liar dan penting untuk dihalau atawa diusir dari komplek peternakan dan areal budidaya pakan karena siapa tahu anjing tersebut telah memakan daging mentah yang terjangkit kista parasit atau telah menyantap kotoran manusia yang sedang cacingan.

d.   Pengasapan disekitar kandang.

Pengasapan atau fogging biasanya dilakukan sore hari menjelang malam. Tujuannya untuk mengusir serangga/lalat dari kandang dan sekitarnya agar tidak numpang tidur ditubuh ternak (mata). Pengasapan dengan pembakaran khendaknya diperhitungkan tingkat keamanannya supaya kasus ternak yang terbakar hidup hidup dikandang tidak terulang lagi.

e.   Biosecurity.

Adalah sangat penting membentengi peternakan dari penyakit yang datang dari luar. Tindakan yang bisa dilakukan meliputii;


  • Memilih peternakan yang dikenal sehat saat membeli domba yang akan dipelihara.
  • Isolasi (pisahkan) semua domba yang baru datang dari peternakan lain supaya tidak terjadi kontak langsung dengan domba domba dipeternakan kita.
  • Pemeriksaan ketat terhadap kendaraan, binatang dan lalulintas orang serta bahan dan peralatan yang masuk kepeternakan kita.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda.