Selamat Datang

Selamat datang di blog Pasar Domba Garut pusat investasi usaha peternakan domba Garut di Desa Sindangsari Kec. Sukasari Kab. Sumedang Jawa Barat, Contact Person: Agus Sukradita, phone: 085312882277

Menu

Selasa, 07 Agustus 2012

Pemilihan bibit indukan dan bibit pejantan domba Garut.

Bibit merupakan faktor penting dalam mendukung keberhasilan usaha pengembangbiakan ternak domba Garut secara komersial. Berikut persyaratan calon induk dan pejantan domba Garut.




1. Syarat calon indukan.
  1. Ukuran badan besar, tetapi tidak terlalu gemuk. Bentuk tubuhnya kompak, dada dalam dan lebar, garis punggung dan pinggang lurus. bulunya bersih dan mengilap.
  2. Keempat kakinya lurus dan terlihat lurus serta tumit tinggi.
  3. Tidak ada cacat dibagian tubuhnya, misalnya ditelinga, mulut, ekor,atau hidung. selain itu, tidak rabun atau buta yang dapat dicek dangan mendekatkan jari pada mata.  kalau tidak ada kedipan, berarti ternak tersebut buta atau rabun.
  4. Bentuk dan ukuran alat kelamin normal.  Ambingnya tidak terlalu menggantung, isinya kenyal, tidak terinfeki, dan puting susu berjumlah dua dengan ukuran dan posisi yang simetris. umur lebih dari 1 tahun dan telah birahi setelah umur 1 tahun. mempunyai sifat keibuan yang terlihat dari jinaknya ternakdan sorot matanya yang ramah.
  5. Berdasarkan buku catatan, pilih domba yang lahir kembar dan kelahiran tunggal yang berasal dari induk muda dan mempunyai pertumbuhan yang baik. 
  6. Jumlah gigi dipilih yang lengkap, rahang atas dan rahag bawah rata. Tujuannya agar induk dapat memamah biak dengan baik

2. Syarat calon pejantan
  1. Ukuran badan normal, tubuh panjang dan besar; bentuk perut norman; dada dalam dan lebar; kakinya    lurus, kokoh,  kuat  dan terlihat tonjolan tulang yang besar pada kaki; serta mata tidak rabun atau buta .
  2. Pertumbuhan relatif cepat
  3. Gerakan terlihat lincah dan ganas.
  4. Alat kelamin normal dan simetris serta sering terlihat ereksi.
  5. Tidak pernah mengalami penyakit serius.
  6. Umur anatara 15 bulan hingga 5 tahun 
  7. Pilih calon pejantan yang berasal dari kelahiran kembar dan berasal kelahiran tunggal, pilih pejantan yang berasal dari induk dengan jumlah anak hanya satu.
  8. Untuk mendukung keberhasilan dalam pemilihan calon bibit di perlukan buku catatan (recording). dalam recording tersebut, juga dicatat penyakit yang pernah diderita, terutama penyakit yang kronis.  

3 komentar:

  1. info yang sangat bermanfaat.

    thanks boss :D

    BalasHapus
  2. sip lah gan...
    yo sama sama kita buktikan klo domba garut bisa dijadikan income utama :D

    BalasHapus
  3. Bisa kirim indukan k kalimantan?

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda.